Abu Bakar Shiddiq (Biografi Singkat)

waktu baca 2 menit
Selasa, 25 Jul 2023 02:01 0 84 Dudi Triaji

Fimadina.com– Abu Bakar Shidiq adalah salah satu tokoh penting dalam sejarah Islam dan merupakan sahabat dekat Nabi Muhammad SAW. Ia adalah khalifah pertama dalam periode Khulafa al-Rasyidin, yang berarti “Khalifah yang Mendapat Petunjuk”. Nama lengkapnya adalah Abdullah bin Abu Quhafah.

Profil singkat Abu Bakar Shidiq:

  1. Nama Lengkap: Abdullah bin Abu Quhafah /عبد الله بن أبي قحافة عثمان بن عامر.
  2. Rasulullah SAW. memberinya gelar yaitu Ash-Shiddiq (artinya ‘yang berkata benar’) setelah Abu Bakar membenarkan peristiwa Isra Mi’raj yang diceritakan oleh Muhamad SAW. kepada umatnya, sehingga ia lebih dikenal dengan nama “Abu Bakar ash-Shiddiq”
  3. Tanggal Lahir: Ia lahir pada tahun 573 Masehi di Mekah, Arab Saudi.
  4. Asal Usul: Berasal dari suku Quraisy, suku yang berpengaruh di Mekah dan di antaranya terdapat bersambung kepada Nabi Muhammad SAW.
  5. Sahabat Nabi: Abu Bakar adalah salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW terdekat dan yang paling awal mendukung dan membenarkan ajaran Islam.
  6. Penyiaran Islam: Setelah menerima risalah Islam dari Nabi Muhammad, Abu Bakar dengan gigih menyebarkan ajaran Islam dan mengajak orang-orang untuk memeluk agama baru ini.
  7. Peran Penting: Abu Bakar memainkan peran kunci dalam menyatukan dan memimpin kaum Muslimin setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW. Ia menjadi khalifah pertama umat Islam setelah kewafatan Rasulullah pada tahun 632 Masehi.
  8. Khalifah Pertama: Masa kekhalifahannya berlangsung dari tahun 632 hingga 634 Masehi.
  9. Kepemimpinan: Sebagai khalifah, Abu Bakar menegakkan keadilan, menegaskan otoritas Islam, dan menghadapi beberapa pemberontakan dan tantangan di masa awal Islam.
  10. Wafat: Abu Bakar wafat pada tahun 634 Masehi, dan digantikan oleh khalifah kedua, Umar bin Khattab.

Abu Bakar Shidiq dikenal sebagai teladan dalam kesetiaan dan ketabahan dalam mempertahankan ajaran Islam. Ia dihormati dan dianggap sebagai salah satu tokoh paling mulia dalam sejarah Islam. Peran dan dedikasinya dalam menyebarkan dan memimpin Islam telah meninggalkan warisan berharga bagi umat Muslim seluruh dunia. (Istimewa)

Dudi Triaji

Dudi Triaji

Pegiat Kepemudaan dan Remaja

Home
Kontak Kami
Search
Kembali