Ali bin Abi Thalib

waktu baca 2 menit
Selasa, 1 Agu 2023 02:29 0 54 Dede Kurnia

Fimadina.com- Ali bin Abi Thalib (599 M – 661 M) adalah sepupu dan menantu dari Nabi Muhammad SAW. Dia merupakan salah satu tokoh penting dalam sejarah Islam dan dianggap sebagai Khalifah keempat dalam Islam oleh sebagian besar umat Muslim Syiah dan Sunni. Berikut adalah profil singkat tentang kehidupan dan peran Ali bin Abi Thalib:

  1. Kehidupan Awal: Ali lahir pada tahun 599 M di kota Mekkah, di lingkungan keluarga terpandang Banu Hashim. Ayahnya adalah Abu Talib, paman Nabi Muhammad, dan ibunya adalah Fatimah binti Asad.
  2. Peran dalam Islam: Ali adalah salah satu dari sepuluh orang pertama yang memeluk Islam, ketika dia masih sangat muda, sekitar usia 9 tahun. Dia merupakan pendukung setia dan pejuang dalam perjuangan awal Islam, dan ikut berpartisipasi dalam pertempuran-pertempuran penting seperti Pertempuran Badar dan Uhud.
  3. Pernikahan dengan Fatimah: Ali menikahi Fatimah, putri Nabi Muhammad, dan mereka memiliki dua putri terkenal, yaitu Hasan dan Husain.
  4. Pemimpin dalam Periode Khilafah: Setelah wafatnya Nabi Muhammad pada tahun 632 M, terjadi perselisihan mengenai siapa yang akan menjadi khalifah selanjutnya. Setelah kematian Khalifah ketiga, Utsman bin Affan, Ali diangkat sebagai Khalifah keempat, tetapi masa kepemimpinannya penuh dengan konflik dan pertentangan.
  5. Pembunuhan: Ali wafat pada tahun 661 M di kota Kufah, Irak, setelah terluka akibat serangan oleh Khawarij, kelompok radikal yang berusaha menggulingkannya dari kekuasaan.

Sumber Buku: Ada banyak buku dan sumber sejarah yang mencatat kehidupan, peran, dan kontribusi Ali bin Abi Thalib dalam sejarah Islam. Berikut adalah beberapa sumber klasik yang diakui sebagai referensi utama tentang kehidupannya:

  1. “Siyar A’lam al-Nubala” (سير أعلام النبلاء) oleh Imam Adz-Dzahabi: Buku ini merupakan salah satu karya terkenal yang mencakup biografi tokoh-tokoh terkenal dalam sejarah Islam, termasuk Ali bin Abi Thalib.
  2. “Al-Isabah fi Tamyiz al-Sahabah” (الإصابة في تمييز الصحابة) oleh Ibn Hajar al-Asqalani: Buku ini menyajikan profil para sahabat Nabi, termasuk Ali bin Abi Thalib.
  3. “Nahj al-Balaghah” (نهج البلاغة) oleh Sayyid Razi: Kumpulan khutbah, surat, dan hikmah Ali bin Abi Thalib, yang dianggap sebagai salah satu karya terbesar dalam literatur Islam.
  4. “Tarikh al-Rusul wa al-Muluk” (تاريخ الرسل والملوك) oleh ath-Thabari: Buku sejarah ini mencakup sejarah Islam awal dan mencatat kehidupan Ali bin Abi Thalib sebagai salah satu tokoh kunci.
  5. “Al-Farooq” (الفاروق) oleh Shibli Nomani: Buku ini mencatat kehidupan dan kontribusi Ali bin Abi Thalib serta merinci perannya sebagai Khalifah keempat dalam Islam.
Dede Kurnia

Dede Kurnia

Guru, Pegiat Sosial dan Kemasyarakatan

Home
Kontak Kami
Search
Kembali