Doa Khusus Untuk Memperoleh Ilmu Laduni

Avatar photo

FIMADINA- KH Miftachul Akhyar, Rais ‘Am PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama), menjelaskan tetang amalam untuk mendapatkan ilmu laduni.

Menurut ulama kharimastik asal Jawa Timur ini, bahwa ada wirid dari doa khusus dalam rangka untuk meraih dan mendapatkan ilmu laduni.

Seperti dikutip oleh laman NU Online dari tayangan Yotube TVNU, Kamis malam, (30/06) kiyai Miftach mengatakan ” Baca saja doa ‘Ilahi ‘allimni min ilmikal mahzun’. Ini dibuat wiridan insyaallah semua punya potensi untuk memiliki ilmu laduni.”

Beliau menerangkan juga, bahwa ada sebuah ilmu mahzun (istimewa) selain dari ilmu-ilmu yang dzahir. Ilmu ini hanya diberikan oleh Allah SWT kepada orang-orang terpilih.

“Kita diberikan contekan cara agar bisa mendapatkan ilmu itu, dengan cara membaca doanya dan memohon dalam setiap munajat, syukur-syukur saat shalat tahajud,” tegasnya.

Kiyai yang juga sebagai pengasuh Pesantren Miftachus Sunnah Surabaya ini menegaskan, bahwa ilmu laduni memang nyata dan ada. Selanjutnya tinggal bagaimana agar mendapatkan ilmu tersebut.

“Dalam surat Al-Baqarah disebutkan bahwa syaratnya harus takwa, yakni menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Sehingga nanti akan terbuka lebar pintu untuk mendapatkan ilmu itu tanpa mengaji, mendengarkan, dan melihat. Allah sendiri yang akan mengajarkan,” lanjut Kiai Miftach.

Dan juga, menurut kiyai Miftach, dalam mencari ilmu untuk mendapatkan ilmu laduni ada syarat yang laiinya yaitu Mulazamah. Mulazamah ini artinya adalah terus menerus mengaji tidak berhenti.

Mulazamah dalam belajar menuntut ilmu adalah keutamaan yang dilakukan oleh par aulama terdahulu.

Beliau juga menjelaskan, ilmu ini dijaga oleh Allah dan tidak ada seorang pun yang menyentungnya. Ilmu ini hanya diberikan oleh Allah kepada ulama yang ‘arif billah.

(zn/nu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *