Hukum Menjawab Salam dalam Media Sosial

waktu baca 2 menit
Rabu, 26 Apr 2023 06:51 0 68 Nana Taryana

Fimadina.com – Sudah mafhum bagi umat Islam bahwa menjawab salam adalah wajib hukumnya. Ada pertanyaan, bagaimana menjawab salam dalam media sosial seperti Whatsapp, Facebook atau sejenisnya?
Hal ini pernah ditanyaka oleh salah seorang warganet dalam Facebook kepada grup PIS KTB dalam Facebook, dengan redaksi pertanyaan:

1.) benarkah wajib menjawab salam yang berupa tulisan sms WA fb dsb ?
2.) kalau memang wajib jawab, bagaimana kalau gak ada jawaban salam, apakah dosa terutama admin yang mengharuskan ada nya salam di setiap pertanyaan ?
3.) kalau melihat maslahat dann mafsadat lebih baik diharuskan salam di setiap pertanyaan ataukah lebih baik diganti lafadz lain seperti bismillah dsb ? [Fatih].

Kemudian tim PISS KTB menjawab :

1. Wajib secara kifayah, karena diucapkan di grup. Bisa dijawab lewat ucapan ataupun tulisan. Orang yang dikirimi salam dengan ucapan ialah wajib dengan seketika untuk menjawab salamnya dengan ucapan juga. Apabila salamnya itu datang melalui tulisan, maka kewajiban menjawabnya bisa dengan tulisan atau dengan ucapan. Kewajiban ini berlaku apabila salam yang dikirimkan itu datang dengan sighat yang mu’tabaroh. Apabila salamnya itu tidak dengan sighat mu’tabaroh maka tidaklah wajib untuk menjawabnya.
2. Husnudzon dulu barangkali dijawabnya lewat ucapan. Serta saya lihat di setiap postingan hampir selalu sudah ada yang menuliskan jawaban salam.
3. Mafsadah (dampak buruknya) tidak terjadi. Pertanyaan gugur.
واللّٰه سـبحانه وتعالى أعلم
Wallohu a’lam. [Abd Jabbar, Umam Zein, Ahmad Nasih Zayn, Umijeqi Djember]

Sumber: PISS KTB 

Nana Taryana

Nana Taryana

Ustadz dan Tokoh Masyarakat

Home
Kontak Kami
Search
Kembali