KH. Anwar Sobandi

waktu baca 2 menit
Selasa, 6 Feb 2024 06:17 0 125 Dede Kurnia

KH. Anwar Sobandi 

Lahir: 27 Maret 1942

Wafat: 18 Agustus 2022

Biografi singkat:

KH. Anwar Sobandi  adalah pendiri Pesantren Al-Ulfah pada tahun 1970, Rancah Ciamis. Sebelumnya, KH. Anwar Sobandi bernama KH. Anwar Sanusi. Beliau mengganti namanya untuk memenuhi wasiat ayahandanya. Sebelum meninggal, sang ayah berpesan, “Nama sebenarnya kamu adalah Anwar Sobandi bukan Anwar Sanusi, jadi pakailah nama Anwar Sobandi”. Sejak itu, beliau tidak lagi menggunakan nama Anwar Sanusi.

Sebagai seorang ulama, KH. Anwar Sobandi sangat berkarisma dan telah menimba ilmu di dalam dan luar negeri. Keahliannya meliputi Bahasa Arab, Bahasa Inggris, ilmu fiqh, tasawuf, dan bidang lainnya. Salah satu pengalaman menariknya adalah ketika pulang dari Arab Saudi dengan membawa 1 kolbak kitab, yang diberi izin langsung oleh Raja Arab karena muatannya yang sangat banyak dan juga kedekatannya dengan Raja di Arab.

Pendidikan:

Setelah mondok di pesantren di Banjar sekitar tahun 1966, KH. Anwar Sobandi kemudian pindah ke Ponpes Babakan Falah Tarogong Garut pada tahun 1967. Di sana, ia menimba ilmu tentang bab-bab Shalat dan Ahadisul Fiqhi. Pada tahun 1969, setelah pulang dari Garut, beliau melangsungkan akad pernikahan, di mana saat itu umurnya menginjak 29 tahun dan istrinya menginjak 11 tahun. Dari hasil pernikahan tersebut, KH. Anwar Sobandi dikaruniai tujuh orang anak, lima perempuan dan dua laki-laki. Para anak dan menantunya lah yang kemudian membantu beliau dalam mengajarkan ilmunya kepada santri dan masyarakat.

Wafat

Beliau Wafat pada tanggal 18 Agustus 2022 di Ciamis, dan kini Pesantren Al-Ulfah dipimpin oleh anaknya yaitu Kiyai Muhammad Asep Aenurridho Anwar, M.Pd

Dede Kurnia

Dede Kurnia

Guru, Pegiat Sosial dan Kemasyarakatan

Home
Kontak Kami
Search
Kembali