Pesantren Misbahudzulam, Rancah, Ciamis

waktu baca 2 menit
Jumat, 1 Mar 2024 13:07 0 105 Zezen Zaini Nurdin

Pesantren Misbahuzhulam, salah satu pondok pesantren yang terletak di Dusun Cibeureum, Desa Rancah, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, menjadi sorotan sebagai lembaga pendidikan yang berdedikasi tinggi dalam menghasilkan generasi yang berkualitas. Dengan motto “berpikir dinamis, berakhlaq Salaf,” pesantren ini dikenal sebagai salah satu lembaga pendidikan yang mengedepankan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah.

Didirikan pada tahun 1968, Pesantren Misbahuzhulam berdiri atas prakarsa sejumlah tokoh penting di antaranya Haji Mustofa, Haji Hasan, Haji Abdul Hamid, dan Haji Abdul Manaf. Pondok pesantren ini memiliki luas sekitar 500 meter persegi dan dipimpin oleh Kyai Haji Rasyidin, seorang ulama kharismatik yang berasal dari Dusun Leuweunggede dan merupakan alumni Pesantren Cipasung Tasikmalaya.

Pesantren Misbahuzhulam telah menjelma menjadi institusi pendidikan terbaik di Kecamatan Rancah, terutama dalam bidang pendidikan agama. Dengan mengintegrasikan pesantren berbasis Salafiyah, santri diwajibkan untuk tinggal di asrama dan mengikuti program pembinaan yang ketat, seperti sholat berjamaah, shalat dhuha, tadarus Al-Quran, kajian kitab kuning, serta pembiasaan membaca Maulid Al Barzanji dan Burdah.

Tak hanya itu, Pesantren Misbahuzhulam juga mengelola berbagai jenjang pendidikan mulai dari TK Alquran, TPA, DTA, hingga santri takhassus yang berasal dari berbagai daerah, bahkan luar Pulau Jawa. Fasilitas pendidikan tambahan seperti lapangan voli, futsal, dan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan seperti marawis, qasidah, rebana, hadroh, kaligrafi, pidato Bahasa Sunda, pidato Bahasa Indonesia, pidato Bahasa Arab, serta pelatihan khutbah Jumat dan seni baca Al-Quran juga disediakan untuk melengkapi pembelajaran.

Melalui pendidikan yang diberikan, Pesantren Misbahuzhulam berupaya mencetak generasi muda yang memiliki kualitas pribadi yang sholeh, cerdas, terampil, dan mandiri. Mereka diajarkan untuk siap menyikapi perkembangan zaman dengan elegan dan bangga menjadi bagian dalam membangun Indonesia, terutama dalam aspek agama dan kemaslahatan umat.

Dengan prestasi dan kontribusi yang telah diukirnya, Pesantren Misbahuzhulam tidak hanya diakui secara lokal namun juga menjadi inspirasi bagi pesantren lainnya dalam menyemai pendidikan berkualitas dengan nuansa Salafiyah.

Sumber : Youtube PP Misbahudzulam

Zezen Zaini Nurdin

Zezen Zaini Nurdin

Pegiat media dan sosial lokal. Blog pribadi http://zezenzn.my.id

Home
Kontak Kami
Search
Kembali