Umar bin Khaththab

waktu baca 2 menit
Rabu, 26 Jul 2023 13:35 0 75 Dede Kurnia

Fimadina.com -Umar bin Khattab, juga dikenal sebagai Umar al-Khattab atau hanya Umar (sekitar 584-644 M), adalah salah satu sahabat terdekat dan khalifah kedua dalam sejarah Islam. Ia lahir di Mekah, Arab Saudi, sekitar tahun 584 M. Pada awalnya, Umar adalah seorang penganut paganisme, tetapi kemudian ia masuk Islam pada tahun 616 M setelah mendengar surah dari Al-Qur’an yang dibacakan oleh sahabat Rasulullah Muhammad.

Umar menjadi sahabat dekat dan penasehat Nabi Muhammad serta terlibat dalam banyak peristiwa penting dalam sejarah Islam. Ia terkenal dengan keberanian dan ketegasannya. Umar juga adalah salah satu dari sepuluh sahabat yang dijamin masuk surga oleh Nabi Muhammad.

Setelah kematian Nabi Muhammad pada tahun 632 M, Umar bin Khattab dipilih sebagai khalifah kedua umat Islam dalam sistem kepemimpinan yang disebut Khilafah Rashidah. Selama masa kekhalifahannya, Umar memerintah dengan adil dan tegas, mengenakan hukum yang adil dan meresmikan banyak kebijakan yang berkontribusi pada kemajuan dan stabilitas masyarakat Muslim.

Di bawah pemerintahannya, wilayah Islam berkembang pesat, dan pasukan Muslim menaklukkan banyak wilayah di Timur Tengah dan Afrika Utara. Umar dikenal sebagai khalifah yang merakyat dan rajin mengunjungi wilayah-wilayah yang dikuasai oleh umat Islam. Ia juga memperkenalkan banyak reformasi administratif dan sosial yang menguntungkan masyarakat.

Pada tanggal 31 Oktober 644 M, Umar bin Khattab dibunuh oleh seorang pria Persia bernama Abu Lulu saat sedang melaksanakan shalat subuh di Masjid Nabawi di Madinah. Umar meninggalkan warisan yang besar bagi umat Islam dan dianggap sebagai salah satu khalifah yang paling dihormati dalam sejarah Islam karena ketegasannya dalam menerapkan ajaran agama dan keadilan.

Referensi:
Ibn Saad, Muhammad. Al-Ṭabaqāt al-Kubrā, Vol. 3. Beirut: Dār al-Kutub al-ʿIlmiyyah, 1990.
Al-Baladhuri, Ahmad ibn Yahya. Ansāb al-Ashrāf, Vol. 1. Beirut: Dār al-Kutub al-ʿIlmiyyah, 2001.
Ibn Hajar, Ahmad. Al-Isābah fī Tamyīz al-Ṣaḥābah, Vol. 4. Riyadh: Dār al-Kutub al-ʿIlmiyyah, 2003.
Al-Dhahabi, Muhammad. Siyar Aʿlām al-Nubalāʾ, Vol. 3. Beirut: Muʾassasat al-Risālah, 1996.
Dede Kurnia

Dede Kurnia

Guru, Pegiat Sosial dan Kemasyarakatan

Home
Kontak Kami
Search
Kembali